Kesehatan

Butuh Olahraga 7 Menit Saja Untuk Turunkan Berat Badan

Saat memutuskan menjalani diet, tentu anda juga perlu mengimbangi pengaturan pola makan dengan olahraga. Namun bagaimana kalau ternyata anda bukan penggemar olahraga dan malas pergi ke gym? Sedangkan anda ingin segera bisa menurunkan berat badan dan melihat angka timbangan turun.

Tentu saja, aktivitas fisik dilakukan mau tak mau anda wajib menggerakkan badan dan olahraga adalah bagian utama dari program diet mana saja, karena merupakan cara paling ampuh membakar lemak yang menumpuk dan mempercepat penurunan berat badan. Tapi tenang saja, ternyata sebetulnya olahraga yang anda butuhkan untuk bisa menurunkan berat badan tidak banyak dan tidak perlu memakan waktu lama lho, cukup 7  menit saja.

Seperti yang diungkapkan penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Sports Medicine and Physical Fitness, kalau kamu sudah cukup sibuk, olahraga yang kamu butuhkan setiap hari cukup 7 menit saja. Peneliti melibatkan 29 orang antara usia 18-30 tahun untuk melakukan olahraga tujuh  menit yang mengombinasikan latihan aerobik dan ketahanan fisik setiap hari selama enam  minggu.

Sesudah 6  minggu, peneliti menemukan bahwa orang-orang yang olahraga setiap hari selama tujuh menit itu mempunyai angka berat badan (BMI) lebih rendah ketimbang yang tak pernah olahraga sama sekali. Orang-orang yang olahraga 7 menit per harinya mempunyai lingkar pinggang lebih kecil dan mengalami penurunan lemak tubuh perlahan ketimbang kondisi tubuh mereka sebelumnya.

Bahkan untuk orang-orang dengan berat tubuh normal yang melakukan olahraga 7 menit, mereka juga mengalami kenaikan kesehatan tubuh, yakni menurunnya lingkar pinggang lantaran adanya aktivitas aerobik yang setiap hari dilakukan.

Tapi tentu olahraga 7  menit itu bukan sembarangan olahraga yang enteng, sebab olahraga ini termasuk olahraga intensitas tinggi yang menggabungkan latihan-latihan seperti melompat, squat, plank, side plank, naik turun tangga, lari di tempat, push-up, crunches, dan lunges. Dengan sekian latihan aerobik dan ketahanan fisik itu, telah bisa menjamin pembakaran kalori yang tinggi dan tubuh berkeringat, sekaligus melatih otot tubuh.

Jadi, apakah butuh olahraga berjam-jam supaya diet berhasil dan berat badan cepat turun? Ternyata tidak, yang kamu butuhkan hanya 7 menit olahraga saja setiap harinya.