Internasional

Bantahan Trump Soal Pengunduran Diri Penasihat Keamanan AS

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump membantah laporan bahwa penasihat keamanan nasional AS, H.R. McMaster akan mengundurkan diri dalam waktu dekat. McMaster disebut-sebut akan mengundurkan diri lantaran mempunyai pandangan dan sikap yang berseberangan dengan Trump.

Penasihat keamanan nasional AS, H.R. McMaster

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, Michael Anton mengatakan, Trump dan McMaster baru-baru ini sudah melakukan pertemuan. Dalam pertemuan itu Trump memastikan bahwa berita yang beredar mengenai McMaster adalah kebohongan belaka.

“Trump mengatakan kepada HR McMaster dalam sebuah pertemuan di Oval Office, cerita yang beredar adalah “berita palsu”, dan mengatakan kepada McMaster bahwa dia melakukan pekerjaan dengan baik,” kata Anton.

Bantahan serupa juga disampaikan oleh Gedung Putih. Juru bicara Gedung Putih, Raj Shah yang menyatakan bahwa isu mengenai adanya pejabat yang ingin mengundurkan diri bukanlah hal yang baru dan sejauh ini belum ada pengumuman akan adanya pejabat di Gedung Putih yang akan mengundurkan diri.

Menurut laporan NBC News, pengunduran diri dan penggantian McMaster sekarang sedang dibahas oleh Kepala Staf Gedung Putih, John Kelly dan Menteri Pertahanan, James Mattis.