Internasional

Kini Erdogan Incar Tal Rifaat Suriah dan Sinjar Irak

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan sudah mengumumkan rencana terbaru operasi militer Turki terhadap milisi Kurdi di negara tetangga. Menurutnya, setelah Afrin di Suriah, target Turki berikutnya adalah Tal Rifaat di Suriah dan Sinjar di Irak.

Kini Erdogan Incar Tal Rifaat Suriah dan Sinjar Irak

Kota Tal Rifaat di Aleppo utara, Suriah, saat ini dikuasai miliki Kurdi.

“Kami sudah melenyapkan 3.747 teroris (di Afrin, Suriah),” kata Erdogan pada hari Minggu 25 Maret 2018. Operasi di Sinjar, kata Erdoga, sudah dimulai pasukan Turki.

“Ingat, saya sudah bilang kami akan mendapatkannya. Mereka akan melarikan diri, kita akan mengejar; pekerjaan tidak akan berakhir dengan Afrin. PKK (Partai Pekerja Kurdistan) pergi ke Sinjar, kami akan pergi ke sana juga. Operasi di sana dimulai,” paparnya, seperti dikutip Reuters, Senin (26/3/2018).

Menrutnya, operasi “Olive Branch” Ankara dengan target milisi Kurdi di wilayah Afrin, Suriah, hampir mencapai tujuannya. Sebelumnya, sumber militer Turki mengklaim kota Afrin sudah dikuasai pasukan Ankara sepenuhnya.

“Kami akan mengambil alih kota Tal Rifaat segera dan dengan demikian mencapai tujuan operasi,” ujarnya. Tal Rifaat adalah benteng terakhir di dekat Afrin yang masih dikuasai oleh milisi Kurdi.

Erdogan bersikeras bahwa kegiatan militer Turki di negara-negara tetangga hanya menargetkan “teroris”, bukan invasi.

“Ada pertarungan baik eksternal maupun internal. Masalah kami terletak pada teroris, kami bukan kekuatan penyerang,” klaim Presiden Turki ini.

“Ada beberapa contoh di Barat; teman-teman Afrika kami tahu ini dengan sangat baik. Ada keadilan dalam sejarah kami. Kami berada di pihak yang tertindas. Kami berdiri dengan yang tertindas.”

Sementara itu, pemerintah Suriah sebagai pemilik sah Afrin mengutuk operasi militer Turki di wilayahnya sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap kedaulatan Damaskus. Pemerintah Irak juga sudah menyatakan keprihatinan serupa atas kegiatan militer Ankara di perbatasannya.