Wisata

Pesona Taman Nasional Kayan Mentarang Di Kaltim

Pasti banyak yang belum tahu dengan Taman Nasional Kayan Mentarang ini kan? Taman Nasional yang menjadi obyek wisata dengan keanekaragaman hayatinya. Taman Nasional ini mempunyai luas sekitar 1 juta hektar dengan spesies mamalia berjumlah 96 jenis, dan spesies burung berjumlah 200 jenis, ditambah lagi berbagai jenis flora endemik lainnya.

Atas kekayaan yang dimiliki Taman Nasional Kayan Mentarang itulah, akhirnya ditetapkan menjadi taman nasional melalui Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor: 651/Kpts-II/1996 tanggal 7 Oktober 1996.

Macan di Taman Nasional Kayan Mentarang

Macan di Taman Nasional Kayan Mentarang

Lokasi dan Akses ke Taman Nasional Kayan Mentarang

Taman Nasional Kayan Mentarang terletak di Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Malaysia.

Perjalanan untuk menuju kawasan pun dapat menjadi perjalanan wisata yang mengesankan, lantaran akses yang dilalui hanya melalui transportasi air dan udara. Perjalanan sungai kita dapat menemui jeram-jeram yang menantang dan arus yang deras, sedangkan melalui pesawat kecil kita bisa melihat hamparan hutan bak permadani hijau.

Fasilitas dan Akomodasi di Taman Nasional Kayan Mentarang

Obyek wisata alam seluas kurang lebih 1.360.500 hektar itu memiliki kurang lebih 96 jenis mamalia, 200 jenis burung (aves), dan berbagai jenis flora endemik.

Kawasan Taman Nasional ini selain kaya dengan keanekaragaman hayati juga menyimpan banyak potensi wisata yang sangat menantang. Potensi wisata alam yang dimiliki Kayan Mentarang lebih diutamakan bagi wisata petualang dan wisata ilmiah bagi mereka yang senang mencari pengetahuan dan melakukan penelitian. Ada beberapa jenis potensi wisata alam yang dapat dilakukan antara lain : arung jeram, berkemah, pengamatan satwa, tracking, air terjun, tempat ditemukannya kuburan batu peninggalan sejarah, sumber garam gunung, dan lain-lain.

Aktifitas Wisata di Taman Nasional Kayan Mentarang

Obyek wisata Taman Nasional Kayan Mentarang membuat pengunjung yang pernah datang ke sana terkagum-kagum. Pesona wisata alamnya bak gadis cantik yang menggoda mata setiap pria. Obyek wisata Kayan Mentarang sangat indah dan potensial untuk dikembangkan ke depan demi kemajuan Kaltim. Luas hutan yang masih perawan sekitar satu juta hektar ini yang harus kita pertahankan agar terjaga kelestarian lingkungannya.

Harga Tiket Masuk ke Taman Nasional Kayan Mentarang

Tidak ada biaya tiket masuk

Tips Berwisata di Taman Nasional Kayan Mentarang

  1. Siapkan fisik anda karena obyek wisata ini cukup luas
  2. Tetap menjaga kebersihan selama berwisata

Demikianlah sekilas mengenai Taman Nasional Kayan Mentarang. Selamat menikmati keindahan alamnya.