Travel

Tempat Favorit Untuk Santai Dan Berkemah Di Australia

Terlepas Anda ingin sekedar jalan santai menikmati alam atau bermalam dengan berkemah, Australia mempunyai sejumlah kawasan untuk dijelajahi tanpa batas.

Dengan lebih dari 500 taman nasionall seluas 28 hektar, Australia sangatlah beruntung mempunyai tempat untuk menikmati pantai yang indah, pegunungan, hujan, dan masih banyak lagi.

Namun beberapa kawasan bisa berbahaya, karenanya ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk merencanakan jalur perjalanan dan mengecek kondisi cuaca serta ombak jika dibutuhkan.

Audiens dari program ABC Open berbagi tempat-tempat favorit mereka untuk berjalan-jalan dan berkemah. Berikut diantaranya;

Three Capes Track, Tasmania

Bukan rahasia lagi, Tasmania adalah surganya petualangan di Australia.

Three Capes Track berada sekitar 90 menit dari kota Hobart. Butuh sedikit usaha lebih banyak untuk menjelajahinya dibandingkan kawasan-kawasan lain yang ada di daftar ini.

Anda bisa berkemah di gubuk-gubuk sepanjang jalur dengan menawarkan kenyaman dan tempat kering untuk bermalam.

Sebelum berjalan kesini sebaiknya ada melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Bay of Fires, Tasmania Pemandangan matahari terbit di Tasmania

Kawasan ini menggabungkan tepi pantai yang indah, sehingga Anda dapatmenikmati jalan-jalan di pantai yang luar biasa, serta lokasi berkemah yang baik.

Jika Anda ingin melakukan tracking secara dari ujung ke ujung lainnya, maka membutuhkan waktu sampai 4 hari.

Lokasi berkemah di The Gardens bebas biaya dan tidak butuh memesan terlebih dahulu dan Anda bisa berkemah disini selama 4 minggu.

“Inilah pemandangan yang saya dapatkan saat bangun pukul 5 pagi,” kata Rod Evans, kontributor ABC Open yang berbagi fotonya diatas.

Great Ocean Walk, Victoria

Pemandangan matahari tenggelam di Great Ocean Walk.

Great Ocean Road adalah satu diantara jalur menyetir mobil paling indah di dunia, kesan yang sama juga saat Anda menikmati Great Ocean Walk.

Anda bisa mulai berjalan dari Apollo Bay dan berakhir di Twelve Apostles, yang berjarak 104 kilometer.

Tapi tidak semua jalur untuk jalan bisa dilewati. Karenanya penting bagi Anda untuk mengecek ombak karena beberapa jalur di Great Ocean Walk akan melewati kawasan perairan dan pantai.

Jika Anda menggunakan kursi roda atau membawa kereta bayi, beberapa jalur yang bisa dilewati adalah dari Apollo Bay Visitor Information Centre ke Marengo Caravan Park, atau antara Cape Otway Lighthouse dan River Camp Ground.

Wenthworth Falls, New South Wales

Wentworth Falls di kawasan Blue Mountains, New South Wales

Berada sekitar 2,5 jam dari kota Sydney, Wentworth Pass Loops menawarkan pengalaman perjalanan seharian dari Sydney, melewati lembah yang diberi nama Valley of the Waters di Mountains National Park.

Ada jalur sepanjang 5 kilometer yang cukup curam, dengan permukaan berbatu, dan sejumlah rintangan.

Jalur ini kurang cocok bagi mereka yang belum memiliki pengalaman, meski menawarkan pemandangan yang indah dari air terjun dan lembah.

“Saya bisa diam disana sepanjang hari,” kata Bec Cameron.

Main Range, Mount Kosciuszko, New South Wales

Danau Albina dekat kawasan pegunungan Mount Kosciuszko

Jika Anda tertarik menikmati pemandangan dari pegunungan tertinggi Australia, maka berjalan di kawasan Main Range lewat kawasan Thredbo-Perisher di Kosciuszko National Park harus berada dalam rencana Anda.

Jalur sepanjang 22 kilometer ini bisa diselesaikan dalam waktu sekitar sembilan jam atau bisa juga dilakukan dalam beberapa hari.

Pegunungan ini ditutupi salju antara bulan Juni hingga Oktober, dan jalan-jalan disini lebih baik dilakukan di luar musim dingin.

“Berjalan di Main Range akan meninggalkan perasaan bahwa kita sudah menyelesaikan sesuatu yang luar biasa.”

Lincoln National Park, South Australia

Tempat berkemah sempurna di kawasan Sleaford Bay, Port Lincoln National Park.

Ada 20 jalur berbeda yang bisa Anda jelajahi di Lincoln National Park di kawasan Eyre Peninsula, mulai dari medan yang bisa dilakukan santai sampai yang sulit.

Ada baiknya bagi Anda untuk selalu menyiapkan diri dengan membawa sepatu yang nyaman dan benar serta peralatan berkemah. Karenanya ketahuilah kondisi cuacanya.

Lokasi perkemahan bisa banyak ditemukan disini.

Sejumlah lokasi harus dipesan terlebih dahulu serta ada biaya untuk masuk kendaraan dan berkemah, yang biasanya sekitar $12 atau hampir Rp 130 ribu.

Glass House Mountains, Queensland

Glass House Mountains yang berkabut.

Tempat ini memiliki sejumlah jalur untuk berjalan dengan pemandangan cantik, tapi jika Anda ingin memilih jalur yang relatif dekat, cobalah Tibrogargan Circuit yang menjadi pilihan kami.

Jalur ini jaraknya sekitar 3 kilometer, dengan pemandangan sejumlah pegunungan seperti Mount Beerwah, Mount Coonowrin, Mount Tibberoowuccum dan Mount Tunbubudla.

“Glass House Mountains yang luar biasa bisa ditempuh dengan perjalanan satu setengah jam dari Brisbane ke Maleny, benar-benar berharga” ujar Alfalfajr.

Litchfield National Park, Kawasan Australia Utara

Litchfield National Park di Kawasan Australia Utara.

Ada banyak jalur pendek yang bisa dilalui di taman nasional ini. Mulai dari yang dekat, 2 kilometer bolak balik antara kawasan Shady Creek dan air terjun Florence.

Perjalanan ini akan membawa Anda melewati danau, hutan rindang, lahan terbuka, dengan pemandangan alternatif dari yang ditawarkan jalur utama menuju sebuah kolam.

Tapi jalur ini memiliki 160 anak tangga, jadi sebaiknya dipersiapkan bagi Anda yang memiliki keterbatasan untuk berjalan.

Berkemah diperbolehkan di kawasan ini serta ada pula lokasi berkemah dekat air terjun.

Melakukan perjalanan ke Kawasan Australia Utara membutuhkan persiapan ekstra dan disarankan Anda memperhatikan keselamatan lebih ekstra.

Honeymoon Pool, Australia Barat

Pemandangan yang Anda bisa nikmati di Honeymoon Pool, Australia Barat.

Ada sejumlah jalur yang dapat dilewati di Wellington National Park, sekitar 2 jam dari kota Perth, di sekitar Honeymoon Pool.

Jalur Kurliiny Tjenangitj (artinya datanglah dan lihatlah) dari Honeymoon Pool bisa ditempuh dalam jarakk 5 kilometer. Ada tanjakan untuk menuju tempat melihat pemandangan hutan dan sungai Collie yang mengesankan dibawahnya.

Jalur kedua adalah Jabitj (artinya air yang mengalir). Jaraknya 12 kilometer untuk bolak balik dari kawasan bernama Kiosk ke Honeymoon Pool.

Butuh waktu sekitar dua jam untuk sekali jalan yang tingkatnya adalah mudah untuk melewati kawasan sungai Collie. “Berjalan dekat Honeymoon Pool, Australia Barat yang memiliki pemandangan yang luar biasa cantik,” ujar Trish Muir.

Itulah tempat-tempat favorit untuk berjalan-jalan dan berkemah di Australia. Semoga bermanfaat.