Pilkada 2018

ASYIKpreneur Terjunkan 30 Ribu Relawan Sapa Anak Muda Jabar

Pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Barat, Mayjend TNI (Purn) Sudrajat – Ahmad Syaikhu menggelar rakor ASYIKpreneur dengan menerjunkan sebanyak 30.000 relawan yang diadakan pada Senin (23/4/2018). Dalam kesempatan tersebut Ahmad Syaikhu menyampaikan, pihaknya ingin menyusun program tersebut agar menjadi konkret dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Kami menerjunkan langsung 30 ribuan relawan kita untuk bahu-membahu mengkongkritkan program ASYIKpreneur agar segera dapat diaktivasikan pada 27 Kabupaten/ Kota di Jawa Barat. Dan dalam waktu dekat kami akan soft launching coworking space di Bekasi,” ungkap pria yang akrab disapa Kang Syaikhu ini.

Dirinya menegaskan, program ASYIKpreneur yang digagasnya bersama Sudrajat bukan semata mengejar momentum politik. Lebih dari itu, Syaikhu mengaku tergerak untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat Jawa Barat melalui Jihad Ekonomi dengan memberdayakan sumber-sumber perekonomian yang ada di Jabar dengan optimal.

“Kegiatan ini bukan hanya karena momentum politik. Ada atau tidaknya (Pilgub) Insya Allah kita tetap membantu dan menebarkan nilai-nilai kebaikan kepada seluruh masyarakat karena ini bagian dari Jihad Ekonomi. Dimana menjadikan ladang amal dan sosial bagi para stakeholder ASYIKpreneur untuk berdaya di negeri sendiri,” beber Syaikhu.

Syaikhu juga mengungkapkan program ‘ASYIKpreneur’ lebih menyasar ke generasi muda. Ada tiga bidang yang ditekankan dalam program tersebut. Pertama, wirausaha teknologi berupa desain grafis dan fotografi. Kedua, wirausaha bidang pertanian, dan ketiganya di bidang perikanan. “Ini salah satu visi kami dalam menyejahterakan warga Jawa Barat. Diharapkan ini juga pemicu supaya kalangan muda memiliki semangat usaha yang tinggi dan kreatif,” kata Syaikhu.

Menurut Syaikhu , melahirkan wirausahawan baru bukan saja dilaksanakan selama masa kampanye. Bahkan politikus PKS tersebut berjanji akan terus meneruskan program tersebut meski pun tidak terpilih menjadi wagub Jabar periode mendatang.

“Program ini akan terus berjalan, karena saya lihat geliatnya saja sudah sangat bagus dan menarik banyak pihak. Saya akan konsisten dalam pengembangan program ini. Memang ini bagian dari program kampanye, tapi saya berusaha agar program ini tidak hanya janji dan tak terkait ada atau tak adanya pilkada,” kata Syaikhu.

ASYIKpreneur Terjunkan 30 Ribu Relawan Sapa Anak Muda Jabar

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Presiden ASYIKpreneur A. Baidillah Barra mengatakan, Konsolidasi internal ini juga salah satunya bertujuan memberikan pembekalan kepada teman-teman koordinator ASYIKpreneur untuk membantu mensosialiasikan dan merekut para tim relawan serta memberikan edukasi terkait enterpreneurship.

Kemudian, Baidillah juga mengatakan pihaknya akan mengadakan company visit ke beberapa tempat usaha besar di Jawa Barat. “Selain pembekalan dan pendampingan, hasil musyawarah tadi memutuskan bahwa kita juga akan mengadakan company visit ke beberapa perusahaan-perusahaan ternama di Jawa Barat bersama paslon cagub dan cawagub,” imbuh Baidillah.

Sementara, Sekretaris Jenderal ASYIKpreneur M Hadi Nainggolan menyampaikan bahwa kegiatan Rakor ini adalah rangkaian konsolidasi semua koordinator relawan ASYIKpreneur dari berbagai Kabupaten dan Kota di Jawa Barat yang memfokuskan pada pengawalan 30 ribu relawasan agar bisa bergerak dan masuk ke berbagai komunitas kepemudaan.

“Pada hari ini semua Koordinator ASYIKpreneur dari 27 Kabupaten/Kota se Jawa Barat hadir. Kita fokus mengawal 30 ribuan relawan ASYIKpreneur agar bisa bergerak secara bersama-sama untuk terjun langsung ke berbagai komunitas anak-anak muda di Jawa Barat, kita ingin menyampaikan pesan bahwa #BikinUsahaItuASYIK,” demikian ungkap Hadi.

Seperti diketahui, program ASYIKpreneur merupakan sebuah gerakan pembinaan kewirausahaan mulai dari edukasi, pendampingan usaha sampai bantuan akses permodalan usaha kepada calon wirausaha baru. Diharapkan program ini mampu mencetak 300 ribu pengusaha baru dan membuka sebanyak 2 juta lapangan pekerjaan baru.