Wisata

Atraksi Berburu Ikan Paus Di Desa Lamalera, NTT

Desa Lamalera, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), tempat ini mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa, keunikan budaya, kenikmatan kulinernya serta keramahtamahan masyarakatnya.
Berlibur ke NTT seolah-olah berlibur ke planet lain. Karena disini akan menemukan hal-hal yang benar-benar luar biasa dan mencengangkan yang salah satunya adalah Berburu Ikan Paus Di Desa Lamalera, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
Salah satu aksi wisata yang dapat dinikmati di Desa Lamalera adalah Berburu Ikan Paus. Selain dapat mengunjungi Wisata Budaya Perburuan Ikan Paus secara tradisional dengan beberapa ritual yang dilaksanakan, juga dapat menikmati keindahan panorama pantai yang terdapat di Desa Lamalera. Disini dapat menyaksikan seluruh rangkaian upacara adat, melihat peralatan tradisional Perburuan Ikan Paus di komplek rumah peledang dan suguhan paket atraksi budaya yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat serta berbaur dengan kehidupan masyarakatnya yang unik.
Atraksi Perburuan Ikan Paus di Desa Lamalera, Provinsi Musa Tenggara Timur ini hanya menggunakan peralatan tradisional berupa Peledang (perahu kayu tanpa mesin) dan Temputing (tombak yang ujungnya terkait yang terbuat dari baja) yang dipergunakan untuk menikam ikan paus.
Sebelum Berburu Ikan Paus Di Desa Lamalera, akan disuguhkan dengan atraksi seremonial Adat Tobo nama Fata (ritus penyelesaian masalah suku dan tuan tanah sebelum berburu paus). ritus le Gerek di batu paus oleh tuan tanah suku Langowujo yang biasanya dilakukan pada tanggal 29 April setiap tahunnya.
Atraksi Berburu Ikan Paus Di Desa Lamalera, NTT
Dan pada tanggal 1 Mei dilanjutkan dengan Misa Leva dengan tradisi agama Katolik untuk memohon restu kepada Tuhan atas musim Leva yang mulai terjadi mulai tanggal 2 Mei sampai dengan tanggal 30 September setiap tahunnya.
Perburuan Ikan Paus Di Desa  Lamalera ini akan berlangsung dari tanggal 2 Mei sampai dengan tanggal 31 Oktober setiap tahunnya. Sementara persiapan ritual dimulai tanggal 29 April dengan dilaksanakan ritual “Tobu Neme Vate” atau ritus antar nelayan dan tuan tanah di Batu Paus pada tanggal 01 Mei dilaksanakan misa Pembukaan Leva (melaut).
Akomodasi
Jika ingin bermalam di Desa Lamalera, tersedia homestay Felmina Homestay, Ben Homestay dan Maria Homestay dengan menu makanan lokal yang sangat nikmat dan lezat.
Akses menuju Desa Lamalera 
Untuk dapat Berburu Ikan Paus Di Desa Lamalera ini dapat ditempuh dari kota Lewoleba menggunakan angkutan darat dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam.