Kesehatan

Mengapa Saat Puasa Mudah Mengantuk?

Saat berpuasa, tubuh biasanya merasa cepat lelah dan mudah diserang kantuk. Anda mungkin mengira penyebabnya adalah karena kurang asupan makan dan minum. Ternyata benar. Penelitian menemukan bahwa menurunnya perubahan pola dan volume konsumsi memicu serangan kantuk.

Dilansir dari laman Almadina Institute, kurang asupan makan selama puasa membuat fase siklus tidur REM (Rapid Eye Movement) menurun. Karena, fase siklus tidur ini paling banyak membutuhkan energi dari otak dan berkaitan dengan mimpi. Padahal, kecukupan fase tidur di REM ini membantu tubuh dapat menjangkau performa yang baik seperti mengingat banyak memori.

Mengapa Saat Puasa Mudah Mengantuk?

Ini sejalan dengan studi dalam Sleep and Biological Rhythms yang mensurvei para partisipan yang berpuasa di bulan ramadan. Hasilnya, berpuasa secara signifikan menurunkan durasi tidur dan REM di minggu ketiga bulan Ramadan.

Kemudian saat seseorang mengalami kekurangan durasi fase REM, tubuhnya akan berusaha memperbaiki kekurangan tersebut dengan menambah fase REM di saat tidur kembali. Di momen perbaikan di malam hari ini, seseorang akan dapat dengan mudah tertidur dengan nyenyak.