Life StyleWisata

Sejarah Pantai Cemongkak Yang Kini Bernama Pantai Dreamland

Pantai Dreamland yang kini ramai dikunjungi para wisatawan mancanegara maupun domestik ternyata awalnya bernama Pantai Cemongkak. Pantai yang indah akan ombaknya serta dikelilingi tebing ini memiliki history tersendiri yang mungkin tidak banyak diketahui.

Pengawas Umum Pantai Dreamland, I Wayan Triyana saat ditemui Minggu (17/6/2018) menjelaskan, sejarah Pantai Dreamland yang mungkin berbeda dengan history pantai lainnya.

Secara umum, pantai ini memang tempatnya terpencil yang kemudian berkembang dengan pengorbanan dan perjuangan warga Desa Adat Pecatu setempat. Hingga sekarang dibentuklah suatu organisasi yakni Warung Dreamland dengan beranggotakan 37 orang.

Kurang lebih tahun 70-an sebelum menjadi obyek wisata Pantai Dreamland, awalnya warga setempat menamainya Pantai Cemongkak.

Sejarah Pantai Cemongkak Yang Kini Bernama Pantai Dreamland

Hal ini berawal dari pekerjaan utama warga setempat yaitu mencari kerang mutiara pantai atau yang biasa disebut dengan congkak. Mereka harus berjalan kaki mencapai 10 km jaraknya ke Pantai Cemongkak.

Arti nama Pantai Cemongkak awalnya karena warga setempat mencari congkak atau kerang di pantai. Mutiara tersebut kemudian dipermak menjadi hiasan kalung dan gelang yang kemudian dijual per cangkir Rp 5 ribu sampai Rp 8 ribu. Dari situ warga mendapatkan sumber rizki. “Karena dulu banyak congkak,” ujarnya.

Selain mencari nafkah melalui mutiara, warga setempat pun menjadi jasa antar untuk para wisatawan mancanegara yang ingin mengunjungi pantai, karena waktu itu rute masih jalan setapak.

Wisatawan melihat keindahan ombak yang dikeliling tebing dan suasana yang natutal. Semakin berkembang, kemudian pantai ini diminati para wisatawan mancanegara untuk bermain surfing.

Setelah itu, seorang wisatawan asal Amerika yang sudah merasakan dan menikmati suasana pantai tersebut, tercetuslah sebuah nama baru yakni Pantai Dreamland (Tanah Impian). “Saya lupa nama turis itu, lambat laun banyak turis mancanegara menyebutnya Pantai Dreamland.”

“Mungkin sudah dikenal dengan sebutan Dreamland di negara mereka, bahkan tersebar luas sampai wilayah Indonesia dengan sebutan sampai saat ini Pantai Dreamland” ungkapnya.