Internasional

Tim Penyelamat Mulai Operasi Evakuasi Tim Bola Yang Terjebak Di Gua

Tim penyelamat dilaporkan sudah memulai operasi untuk mengevakuasi tim sepak bola muda Thailand dam pelatihnya yang terperangkap dalam gua Tham Luang di wilayah Chiang Rai.

Media Thailand melaporkan bahwa sekelompok penyelam internasional sedang mempersiapkan rencana penyelamatan darurat untuk membimbing 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka keluar dari gua yang tergenang air.

“Hari ini adalah hari H. Anak-anak lelaki itu siap menghadapi tantangan apa pun,” kata kepala misi penyelamatan, Narongsak Osottanakorn dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (8/7).

Narongsak menuturkan tim penyelamat memulai misi pada pukul 10 pagi waktu setempat dan evakuasi tim sepak bola Thailand dan pelatih mereka akan memakan waktu berjam-jam sebelum anak pertama berhasil dikeluarkan.

Tim Penyelamat Mulai Operasi Evakuasi Tim Bola Yang Terjebak Di Gua

Pada awalnya pihak berwenang  menyarankan untuk menunggu sampai akhir musim hujan untuk melakukan evakuasi. Namun tim penyelamat memperingatkan kurangnya oksigen dan hujan monsunal yang datang membanjiri gua.

“Tim penyelamat harus segera bertindak. Hujan lebat dapat membuat air naik ke batu tempat anak-anak duduk, mengurangi area itu menjadi kurang dari 10 meter persegi. Tidak ada hari lain bahwa kami lebih siap dari hari ini. Kalau tidak, kita akan kehilangan kesempatan,” tegasnya.