Olahraga

Geraint Thomas Raih Gelar Keenam Di Ajang Tour de France

Geraint Thomas Raih Gelar Keenam Di Ajang Tour de France

Geraint Thomas menancapkan dominasi Team Sky di ajang Tour de France setelah dia memenangkan gelar keenam mereka dalam tujuh tahun terakhir, Senin (30/7/2018).

Di Inggris, Thomas menjadi pembalap sepeda ketiga yang memenangkan ajang bergengsi tersebut setelah Bradley Wiggins (2012) dan Chris Froome (2013, 2015, 2016, 2017). Sementara itu pembalap Belanda Tom Dumoulin (Team Sunweb) finis di tempat kedua dan Froome di tempat ketiga.

Kegagalan Froome mengalahkan Thomas sekaligus menegaskan bagaimana sulitnya meraih gelar ganda Giro-Tour. Orang terakhir yang berhasil melakukannya adalah Marco Pantani pada tahun 1998 tetapi tersandung kasus doping.

Geraint Thomas Raih Gelar Keenam Di Ajang Tour de France

Thomas mengaku masih seperti mimpi usai memastikan kemenangan di ajang Tour de France. Karena, 11 tahun lalu dia masih jadi penonton perlombaan balap sepeda bergengsi tersebut.

“Saya ingat ketika berlari pulang dari sekolah untuk menonton akhir Tour de France. Saya selalu bermimpi menjadi bagian dari balapan ini dan itu jadi kenyataan pada 2007,” ujar Thomas di Champs-Elysees, Paris, Minggu (29/7/2018).

Thomas juga merayakan kemenangan bersejarah itu bersama istri tercintanya, Sara Elen yang menunggu di garis finis.