Teknologi

Semester Pertama 2018, Carmudi Alami Peningkatan Listing Mobil Bekas 217%

Meskipun tahun ini banyak yang menilai sebagai tahun yang sulit dan penuh tantangan bagi industri otomotif, ternyata bawa berkah tersendiri bagi Carmudi.co.id. Selama semester pertama 2018, Carmudi mengalami jumlah peningkatan listing (iklan jualan) mobil bekas sebanyak 217% di bandingkan periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan ini dinilai Nimash Stefano Kirihettighe, selaku CEO Carmudi sebagai bentuk kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap situs jual beli kendaraan Carmudi.co.id. “Trend dunia online, tidak hanya mempengaruhi gaya hidup orang Indonesia, tapi juga terhadap cara mereka memasarkan atau menjual barang, mobil atau produk otomotif lainnya,” katanya.

Berdasarkan data divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Carmudi, untuk model yang paling laku dipasarkan sudah terjadi pergeseran pilihan MPV bekas dibandingkan tahun lalu. Jika setahun silam MPV kembar Avanza dan Xenia menduduki peringkat pertama, kini Honda Mobilio bekas mulai merangsek ke posisi atas.

Data tersebut terlihat dari penjualan unit mobil bekas di bursa otomotif Carsentro di Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar. Dari sekitar 2.000 unit penjualan mobil bekas selama semester 1, Toyota Avanza menduduki posisi pertama dengan raihan 7,9%, diikuti dengan Honda Mobilio bekas sebesar 7,7%.

Semester Pertama 2018, Carmudi Alami Peningkatan Listing Mobil Bekas 217%

Sementara untuk jenis kendaraan bekas, kategori MPV masih mendominasi sebesar 54,5%. Posisi kedua diduduki oleh kategori city car dengan 18,6% dan SUV (14,6%). Untuk data selengkapnya lihat infografis.

“Di Semarang, Solo dan Yogyakarta penjualan mobil bekas city car seperti Honda Brio bekas menduduki posisi teratas. Hal itu didasari dengan kebutuhan keluarga muda akan mobil bekas yang terjangkau. Dengan cicilan dan kemudahan dari lembaga pembiayaan membuat mobil kompak itu laris di pasaran,” jelas Stefano.

Perihal partisipasi Carmudi di Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2018, event ini dijadikan strategi untuk sustain brand image yang sudah dimiliki Carmudi.co.id. Selain itu juga keikutsertaan Carmudi di pameran otomotif terbesar di Indonesia ini juga untuk memperkuat dan menunjukan layanan Carmudi kepada para mitra seperti diler, finance, hingga asuransi mobil yang sudah bekerjasama.

Selama di GIIAS, booth Carmudi akan diramaikan dengan berbagai aktivitas bagi pengunjung yang menghadirkan hadiah menarik seperti games Wheel of Fortune yang menawarkan banyak hadiah dari E-Toll hingga hadiah Hotwheels.

Kemudian ada playground untuk pengunjung yang membawa anak kecil, bisa melakukan aktivitas mewarnai di booth Carmudi. Bagi para pencinta games, Carmudi juga berkolaborasi dengan developer games ternama yakni, Gameloft dan menghadirkan kompetisi Asphalt 9.

Sementara itu tidak ketinggalan pula di booth Carmudi yang terletak di Hall 1, Booth E2, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD ada kompetisi “Carmudi GIIAS Challenge, Lo Kira Review Mobil Gampang?”. Kompetisi mereview mobil di ajang GIIAS tersebut menawarkan hadiah total senilai Rp10 juta.