Kesehatan

Benarkah Teh Hijau Dipercaya Bisa Membunuh Sel Kanker?

Benarkah Teh Hijau Dipercaya Bisa Membunuh Sel Kanker?

Salah satu minuman yang menjadi kegemaran banyak orang adalah teh hijau atau green tea. Selain rasanya yang enak, para ahli percaya jika minuman ini memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Teh hijau juga menjadi salah satu minuman yang bisa diolah menjadi berbagai macam minuman lezat dan dikolaborasikan dengan bahan minuman lain seperti cokelat, susu atau buah.

Berbicara mengenai teh hijau, melansir dari laman asiantown.net, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa teh hijau dipercaya bisa membunuh sel kanker dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di University of Salford menemukan jika di dalam teh hijau mengandung senyawa yang aktif membelah sel kanker dan membunuhnya.

Adalah Profesor Michael Lisanti, seorang peneliti di Universitas ini mengatakan, “Ekstrak pada teh hijau membuat sel-sel kanker menuju ke keadaan metabolis yang tenang. Itu artinya, nutrisi pada teh hijau telah membuat sel kanker menjadi tidak aktif dan mati. Efek nutrisi pada teh hijau sangat mencolok pada sel kanker payudara. Ini bisa membuat sel itu mati dan tidak berkembang lagi.”

“Kami konsisten bahwa teh hijau kemungkinan besar memiliki potensi untuk mematikan sel kanker dan membuatnya tak mampu tumbuh lagi,” tambah Lisanti.

Benarkah Teh Hijau Dipercaya Bisa Membunuh Sel Kanker?
Benarkah Teh Hijau Dipercaya Bisa Membunuh Sel Kanker?

Meski penelitian di atas menyebutkan teh hijau kemungkinan besar bisa membunuh sel kanker, Martin Ledwick yang merupakan kepala perawat di Cancer Research UK mengungkapkan jika belum ada bukti kuat bahwa teh hijau bisa membantu membunuh sel kanker. Memang, dalam penelitian di labaratorium menunjukkan senyawa pada teh hijau bisa membelah sel kanker dan menonaktifkannya. Tetapi, temuan ini belum ada pada manusia secara langsung.

“Penelitian tahap awal menunjukkan jika ekstrak teh hijau bisa menghentikan bahkan membunuh sel kanker. Tapi pada saat ini, belum ada bukti kuat bahwa teh hijau bekerja seefektif itu pada diri manusia secara langsung. Kita memerlukan verifikasi dari penelitian pada tubuh manusia secara langsung untuk membuktikan hal ini,” ungkap Ledwick.

Sementara mengenai hasil temuan ini, akan dilakukan penelitian lanjutan. Peneliti masih akan terus bekerja untuk mencari tahu seberapa efektif teh hijau bisa membunuh dan mencegah sel kanker.