Teknologi

Mulai 2021, Google Gandeng Produsen Automotif Akan Hadirkan Android

Mulai 2021, Google Gandeng Produsen Automotif Akan Hadirkan Android

Kemungkinan mulai 2021 mendatang, jutaan mobil yang beredar akan dilengkapi dengan  tampilan media yang didukung oleh OS Android Google. Pasalnya Google sedang membangun mitra dengan Renault, Nissan, dan Mitsubishi Alliance yang menurut Google menjual lebih banyak mobil dari pada produsen lainnya.

Sistem baru ini akan menawarkan aplikasi melalui Play Store, navigasi melalui Google Maps dan perintah suara melalui Google Assistant.

“Di masa mendatang, Google Assistant yang menggunakan teknologi AI terkemuka dari Google dapat menjadi cara utama pelanggan berinteraksi dengan kendaraan mereka, tanpa perlu menggunakan tangan untuk penggunaanya,” kata Kal Mos, VP Global dari kendaraan yang terhubung dengan Renault-Nissan-Mitsubishi dalam sebuah pernyataan dikutip dari lama The Verge, Rabu (19/9/2018).

Pada tahun lalu, ketiga produsen tersebut berhasil menjual sebanyak 10,6 juta unit mobil ke seluruh dunia dan pada tahun ini hingga 30 Juni 2018 produsen mobil tersebut sudah menjual sebanyak 5,54 juta kendaraan.

Mulai 2021, Google Gandeng Produsen Automotif Akan Hadirkan Android
Mulai 2021, Google Gandeng Produsen Automotif Akan Hadirkan Android

Menurut catatan The Wall Street Journal, Google sudah mencoba untuk masuk ke industri otomotis khususnya mobil selama lebih dari satu dekade.

Tetapi hal itu tidak terlalu berjalan mulus, usaha Google agaknya terhalang lantaran perusahaan otomotif melihat Google dan raksasa teknologi lainnya sebagai pesaing potensial yang dapat menambang data pengguna untuk mendapatkan keuntungan.

Banyak pembuat mobil seperti Mercedes-Benz dan BMW lebih memilih menciptakan sistem GPS milik mereka sendiri dari pada harus mengijinkan perusahaan seperti Google masuk. Disatu sisi para pengguna sudah lebih akrab dengan aplikasi Google Maps atau Waze untuk menavigasi lalu lintas dibanding dengan sistem yang produsen mobil buat.

Sementara Google juga menawarkan OS Android dan layanannya seperti Android Auto secara gratis, yang diharapkan dapat membuat transisi lebih mudah. Pada konferensi pengembang I / O awal tahun ini, Google dan Volvo memamerkan XC40 model tahun 2020 yang menjalankan Android Auto, dengan kulit Sensus Volvo melalui Android Pie.