NasionalPolitik

Hadir Di Acara Konferensi Nasional Partai Gerindra, Anies Baswedan: Proses Demokrasi Itu Tidak Sama Dengan Pertandingan Sepak Bola

Hadir Di Acara Konferensi Nasional Partai Gerindra, Anies Baswedan: Proses Demokrasi Itu Tidak Sama Dengan Pertandingan Sepak Bola

Partai Gerindra menggelar Konferensi Nasional di Sentul International Convention Center (SICC), Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang diusung oleh Partai Gerindra.

Anies Baswedan hadir di Sentul International Convention Center, Sentul, Bogor, Senin (17/12/2018),  tidak mengenakan pakaian dinasnya meskipun saat itu masih jam kantor tetapi Anies memakai batik dengan dasar berwarna hitam.

Anies tampak duduk di atas panggung bersama jajaran tamu-tamu lainnya. Sementara Ketua Umum Gerindra yang juga capres Prabowo Subianto duduk didampingi cawapres Sandiaga Uno yang merupakan mantan pasangan Anies Baswedan di Pemprov DKI Jakarta. Adapun Sandiaga Uno mengundurkan diri dari posisi Wagub DKI Jakarta untuk maju di Pilpres 2019 mendatang.

Dalam acara Konferensi Nasional Partai Gerindra 2018 ini digelar tertutup. Selain dihadiri calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Sandiaga Salahudin Uno, acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh partai koalisi maupun agama serta dari non partai seperti dari anggota KSPI dan GNPF Ulama serta relawan Emak-Emak juga hadir.

Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno saat berfoto bersama di dalam mobil
Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno saat berfoto bersama di dalam mobil

Mulai dari Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mustafa Kamal, Waketum Partai Demokrat Syarief Hasan, Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso, Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Djoko Santoso, Presiden KSPI yang merupakan pendukung Prabowo, Said Iqbal hingga Ketua Umum GNPF (Gerakan Nasional Pengawal Fatwa) Ulama, Yusuf Muhammad Martak.

Kemudian, beberapa di antara para tamu tersebut mendapat giliran untuk berpidato di hadapan kader Gerindra. Begitu pun dengan Anies juga mendapat giliran menyampaikan sambutan.

Dalam sambutannya, Anies mengatakan bahwa dalam proses pemilu itu tidak sama dengan pertandingan sepakbola.

“Pada pertandingan sepak bola saat pertandingan berakhir dan kemenangan diumumkan maka disitulah puncak kerja, puncak capaian. Tetapi bagi sebuah proses demokrasi tidak seperti itu, begitu kemenangan diberikan artinya kerja keras untuk rakyat itu dimulai, ” kata Anies.

Lebih lanjut, Anies juga sempat memposting foto dirinya bersama Sandiaga Uno. Foto tersebut diambil di dalam mobil. Ia juga membandingkan foto tersebut dengan foto lama saat Sandiaga masih menjadi Wagub DKI.

“Reuni sama mantan,” tulis Anies sambil menambahkan smileys senyum di akun Twitternya.

Sementara itu, saat menghadiri acara Konferensi Nasional Partai Gerindra, dalam pidatonya Anies  Baswedan juga menegaskan bahwa proses demokrasi itu tidak sama dengan pertandingan sepak bola.