NasionalPolitik

Prabowo-Sandi Alihkan Usaha Petani Tembakau Ke Alternatif Lain

Prabowo-Sandi Alihkan Usaha Petani Tembakau Ke Alternatif Lain (pojokpos.com)Prabowo-Sandi Alihkan Usaha Petani Tembakau Ke Alternatif Lain

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto akan mengganti sektor usaha petani kecil yang semula berpusat ke tembakau. Hal tersebut disampaikan Tim Pakar Ekonomi Kerakyatan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Netty Prasetiyani.

Netty mengatakan, para petani ini secara perlahan akan diperkenalkan dengan bidang usaha baru atau bidang pertanian baru supaya tidak lagi bertani tembakau.

“[Petani tembakau] akan dialihkan ke alternatif lain,” ujar Netty di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu (13/3).

Akan tetapi, upaya ini tidak akan dilakukan secara langsung. Pihaknya akan menggunakan sistem bertahap dengan cara terlebih dahulu memperkenalkan petani dengan bidang usaha lain.

Tim Pakar Ekonomi Kerakyatan BPN Prabowo-Sandi, Netty Prasetiyani (pojokpos.com)
Tim Pakar Ekonomi Kerakyatan BPN Prabowo-Sandi, Netty Prasetiyani.

Netty juga mengatakan, yang jelas pasangan Prabowo-Sandi tidak akan langsung mematikan usaha tembakau di Indonesia.

“Kebijakan itu, kan, enggak boleh drastis, harus bertahap. Dan kemudian memberikan alternatif,” jelas Netty.

Adapun kebijakan ini dihadirkan bukan dalam rangka merumahkan petani tembakau, melainkan mencoba memberikan sebuah usaha alternatif. “Termasuk usaha-usaha yang bisa mengalihkan rokok itu tadi,” tutur Netty.

Lebih lanjut, sistem ini nantinya akan memerlukan kerja sama kolaboratif antalembaga. Contohnya, ujar Netty, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, hingga Kementerian Desa.

Dengan adanya lembaga-lembaga ini tentunya akan saling berkaitan untuk mempermudah usaha mengubah mindset atau pola pikir petani tembakau ke sektor usaha lain.

“Tentu ini memerlukan sebuah kerja kolaboratif lintas sektoral kalau kemudian kita bicara tentang bagaimana mengentaskan permasalahan petani tembakau yang akan kita giring beralih ke usaha lain,” pungkas Netty.

Karena itu, jika pasangan Prabowo-Sandi menang dalam Pilpres 2019 akan mengalihkan usaha petani tembakau ke alternatif lain. Tentunya akan diperkenalkan dengan bidang usaha baru atau bidang pertanian baru supaya tidak lagi bertani tembakau.

Tinggalkan Balasan