NasionalPolitik

Debat Keempat Pilpres 2019 Terdiri Atas Enam Segmen

Debat Keempat Pilpres 2019 Terdiri Atas Enam Segmen

Debat keempat Pilpres 2019 akan diikuti kembali calon presiden yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Debat kali ini akan digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019) malam nanti.

Moderator dalam debat keempat pilpres ini adalah Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi dan akan disiarkan langsung oleh SCTV, Indosiar dan Metro TV. Adapun tema yang akan dibahas dalam debat keempat ini mengenai ideologi, pertahanan dan keamanan, pemerintahan dan hubungan internasional.

Dalam rundown acara yang sudah disepakati oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan kedua tim pemenangan capres, debat keempat Pilpres 2019 terdiri atas enam segmen.

Pada segmen pertama, Jokowi dan Prabowo akan memaparkan visi-misi dengan waktu masing-masing empat menit. Sesuai dengan kesepakatan kedua timses, maka paslon 01 Jokowi akan menyampaikan visi-misi pertama.

Debat Keempat Pilpres 2019 Terdiri Atas Enam Segmen (pojokpos.com)
Debat Keempat Pilpres 2019 Terdiri Atas Enam Segmen

Segmen kedua, capres Jokowi dan Prabowo akan menjawab pertanyaan panelis untuk tema ideologi dan pemerintahan. Masing-masing keduanya diberi waktu dua menit untuk menjawab. Selain itu Jokowi dan Prabowo juga diberi waktu 1,5 menit untuk menanggapi jawaban lawannya.

Segmen ketiga, Jokowi dan Prabowo akan menjawab pertanyaan panelis untuk tema pertahanan-keamanan dan pemerintahan. Keduanya diberi waktu dua menit untuk menjawab dan 1,5 menit untuk menanggapi jawaban lawannya.

Kemudian, segmen keempat dan kelima berisi debat bebas dengan masing-masing capres diberi waktu 4 menit.

Terakhir segmen keenam, kedua capres diberikan kesempatan memberikan kalimat pamungkas sebagai penutup debat dengan masing-masing capres diberi waktu 2 menit.

Adapun sembilan panelis yang sudah merumuskan materi debat dengan tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan-Keamanan dan Hubungan Internasional, adalah sebagai berikut:

1. Ideologi

Prof DR Zakiyuddin, M.Ag (Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga)
Dr J Haryatmoko SJ (Akademisi/pengajar fakultas teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)

2. Pemerintahan

Dr Erwan Agus Purwanto M Si (Dekan Fisip Universitas Gadjah Mada)
Dr Valina Singka Subekti M Si (Akademisi/pengajar departemen ilmu politik, Fisip UI)
Dadang Tri Sasongko (Sekjen Transparency International Indonesia)

3. Hankam

Al Araf (Direktur Eksekutif Imparsial)
Dr Ir Apolo Safanpo ST MT (Rektor Universitas Cenderawasih)

4. Hubungan Internasional

Drs I Basis Eko Soesilo MA (Akademisi/Pengajar HI Fisip Unair dan Direktur Centre for Strategic and Global Studies/CSGS)
Dr Kusnanto Anggoro (Akademisi/Pengajar Fisip UI)